Senin, 01 Maret 2010

CANGGIHNYA 'KOMPUTERKU'

Sebenarnya komputer yang saya gunakan hanya Sebuah P4 Thosiba Sattelite dengan memory 512MB yang mungkin sudah lawas buat ukuran para penggila jajet. Yang saya maksud sebenarnya bukan perangkat keras dan perangkat lunak itu,yang saya maksud adalah perangkat keras dan perangkat lunak saya,ya tubuh,akal/pikiran serta roh yang ada di waktu sekarang saya menulis ini.
Coba bayangkan,dari awal penciptaan sampai akhir kehidupan,setiap individu seluruh dunia mempunyai ciri khas masing-masing,tidak ada seorangpun yang sama,meski itu adalah kembar identik,kecuali ada rekayasa manusia (kloning?tapi adakah?manusia dikloning,baru ada di film-film...) nah,dari sini yang bisa seorang manusia yang berpikir adalah pertama mengagumi,berpikir,bersyukur dan berterima kasih telah 'dipinjami' komputer yang canggih ini untuk mengabdi kepada kehidupan yang bertanggung jawab agar direstui sama yang memberi pinjaman,YME tentunya.
Lagi mengenai canggihnya 'komputer' ini,karena kita hidup di era yang sudah mengenal komputer,pemahaman kita pun setidaknya akan belajar dari yang kita gunakan sehari-hari,seperti seorang pertapa yang belajar dari alam.,seperti orang bijak terdahulu yang belajar dari apa yang ditemui dalam perjalanan hidupnya sehingga timbulah istilah-istilah seperti," Lakoni hidup seperti air..""jangan seperti air di daun talas.." dsb.. tentunya bagi kita,terutama saya,akan berkata HIDUP INI SEAKAN SEBUAH KOMPUTER CANGGIH,,, yang ber-hardware JASAD, ber-software RUH dan ber-memory AKAL/PIKIRAN, yah komputer harian kita,adalah contoh kecil kehidupan ini.
Mereka hanya hardware dan software,jika sudah tertanan satu operating system yang canggih,mereka akan hidup dan shut down serta menjalankan perintah secara otomatis ataupun berpikir dengan logaritma tersendiri untuk yang ditanam artificial Intelligence , tentunya ada usia pakai,akan tergantikan dengan model terbaru dengan kapasitas yang terbaharui dari sebelumnya,nah demikian juga manusia.
Cara berpikir abad ke 14 tidak akan bisa digunakan 100% diabad 21, akan dikira primitif,coba saja kita masih menggunakan Batu dan arang untuk mendokumentasikan apa yang kita dapat dengan huruf-huruf sansekerta,siapa manusia awam yang akan tahu? pastinya hanya sebagian kecil dan yang telah berkembang berabad tersebut yang digunakan pada masa ini.
Yah,'komputer' kita hanya tiga kesatuan,seperti juga komputer yang ada sekarang paling tidak, menurut saya dan mungkin beberapa orang yang sepaham, hanya ada JASAD=HARDWARE , SOFTWARE=PIKIRAN/AKAL , LISTRIK=RUH, masing - masing ada lifetime-nya, hardware akan jebol kalau sudah uzur atau terjadi keausan atau kecelakaan,sedang Listrik akan habis atau ada sesuai suplly yang diberikan ( sama YME ) dan software terbatas sesuai kemampuan masing-masing dalam mneggunakannya.,namun masing-masing yang menggunakan akal/pikiran akan dimintai pertanggungjawaban,mampukah kita memaksimalkan dan mempertanggungjawabkannya jika terjadi crash? atau kita hanya menyerah pada saat 'virus' menyerang komputer canggih kita? Saatnya merenung dan terus berjalan sampai timer pada 'power supply' memberi warning...keep strive!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar